Permana, Farhan Yuda
(2024)
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN SMART APPS CREATOR BERBASIS PERMASALAHAN PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN.
S1 / D3 thesis, Universitas Kuningan.
Abstract
Proses pembelajaran di SMAN 1 Kadugede guru jarang menggunakan media pembelajaran, guru hanya menggunakan media baca seperti buku paket dan LKPD (lembar kerja peserta didik) yang belum memfasilitasi siswa dalam kemampuan pemecahan masalah. Berdasarkan hal tersebut media pembelajaran perlu didigitalisasikan untuk membantu memfasilitasi dalam memecahan masalah siswa, karena mdia pembelajaran digital lebih mudah dibawa, tampilannya menarik, dan bersifat interaktif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran menggunakan SAC berbasi permasalahan pada materi perubahan lingkungan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D) yang terdiri dari tahap Analisis (Analysis), Perancangan (Design), Pengembangan (Development), dan Implementasi (Implementation). Data yang diambil dari penelitian ini terdiri dari validasi ahli materi, validasi ahli media, ahli pendidikan, dan angket respon guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa produk media pembelajaran menggunakan SAC dalam bentuk android pada materi perubahan lingkungan bagi siswa SMA N 1 kadugede layak untuk digunakan. Tingkat kelayakan produk media pembelajaran berdasarkan penilaian ahli materi dengan skor presentase sebesar 91,66% dengan kriteria sangat layak. Penilaian ahli pendidikan mendapatkan skor presentase sebesar 90% dengan kategori sangat layak. Ahli media memperoleh skor presentase sebesar 85,29% dengan kategori sangat layak. Hasil uji coba skala kecil kepada 10 peserta didik dan pada uji coba skala besar kepada 36 peserta didik SMA Negeri 1 Kadugede, pada uji coba skala kecil memperoleh skor presentase sebesar 85,25% dengan kategori sangat efektif, dan pada uji coba skala besar memperoleh skor sebesar 82,29% dengan kriteria sangat efektif. Hasil pengembangan produk didapatkan media pembelajaran SAC yang dapat memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah siswa. Karena media pembelajaran SAC memuat ilustrasi permasalahan konkrit dalam kehidupan yang ditunjukkan dengan video dan artikel permasalahan, selain itu terdapat fitur lain seperti aktivitas PBL dan evaluasi berbasis HOTS yang dapat memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah siswa.
Kata Kunci: Smart Apps Creator, Perubahan Linkungan, Permasalahan
In the learning process at SMAN 1 Kadugede, teachers rarely use learning media, teachers only use reading media such as textbooks and LKPD (learner worksheets) which do not facilitate students' problem solving abilities. Based on this, learning media needs to be digitized to help facilitate solving student problems, because digital learning media is easier to carry, looks attractive and is interactive. The aim of this research is to develop learning media using SAC based on problems in environmental change material. The research method used is the Research and Development (R&D) method which consists of the Analysis, Design, Development and Implementation stages. The data taken from this research consisted of material expert validation, media expert validation, education expert validation, and teacher and student response questionnaires. The research results show that learning media products using SAC in the form of Android on environmental change material for SMA N 1 Kadugede students are suitable for use. The level of feasibility of learning media products is based on the assessment of material experts with a percentage score of 91.66% with very feasible criteria. The education expert's assessment received a percentage score of 90% in the very appropriate category. Media experts obtained a percentage score of 85.29% in the very appropriate category. The results of the small-scale trial on 10 students and the large-scale trial on 36 students of SMA Negeri 1 Kadugede, in the small-scale trial they obtained a percentage score of 85.25% in the very effective category, and in the large-scale trial they obtained a score amounting to 82.29% with very effective criteria. The results of product development obtained SAC learning media which can facilitate students' problem solving abilities. Because SAC learning media contains illustrations of concrete problems in life shown with videos and problem articles, apart from that there are other features such as PBL activities and HOTS-based evaluations which can facilitate students' problem-solving abilities.
Keywords: Environmental Changes, Smart Apps Creator, Problems
Actions (login required)

- View Item