Wawan Hermawan, Wawan (2018) Peran Gender Dan Kesadaran Metakognitif Siswa SMA Di Kabupaten Kuningan Terhadap Hasil Belajar Biologi. Quagga: Jurnal Pendidikan dan Biologi, 10 (2). pp. 11-18. ISSN 2615-5869

[thumbnail of Peran Gender Dan Kesadaran Metakognitif Siswa SMA Di Kabupaten Kuningan Terhadap Hasil Belajar Biologi.pdf] Text
Peran Gender Dan Kesadaran Metakognitif Siswa SMA Di Kabupaten Kuningan Terhadap Hasil Belajar Biologi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (557kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran gender dan kesadaran metakognitif siswa SMA terhadap hasil belajar kognitif biologi. Penelitian menggunakan metode survey dengan populasi adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri di Kabupaten kuningan yang melaksanakan kurikulum 2013. Sampel penelitian sebanyak 253 siswa dengan teknik cluster random sampling. Instrumen penelitian adalah angket MAI (Metacognitive Awareness Inventory) untuk mengetahui tingkat kesadaran metakognitif. Analisis data untuk mengetahui pengaruh gender dan kesadaran metakognitif terhadap hasil belajar menggunakan regresi linier berganda. Distribusi frekuensi setiap variabel di analisis menggunakan deskriptif frequencies. Analisis perbedaan rata- rata hasil belajar antara siswa laki-laki dan siswa perempuan mengunakan Ttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ; 1) tidak ada pengaruh gender terhadap hasil belajar biologi siswa 2) terdapat pengaruh kesadaran metakognitif terhadap-hasil belajar biologi dan 3) terdapat pengaruh gender dan kesadaran metakognitif secara bersama-sama terhadap hasil belajar biologi.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Dr Zaenal Abidin
Date Deposited: 09 Apr 2023 10:47
Last Modified: 09 Apr 2023 10:47
URI: https://rama.uniku.ac.id/id/eprint/236

Actions (login required)

View Item
View Item