Penelitian ini berdasarkan permasalahan yang ada yaitu pembelajaran yang berfokus
pada buku paket yang disediakan serta belum berkembangnya e-modul di sekolah.
Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis dan kesulitan belajar
matematika terutama dalam materi barisan dan deret artimatika. Belum optimalnya
pemanfaatan teknologi komunikasi seperti smartphone dalam konteks pendidikan
khususnya pada pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk
mengembangkan bahan ajar berupa e-modul interaktif materi barisan dan deret
aritmatika untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis serta
kevalidan, kepraktisan dan efektivitas e-modul. E-modul interaktif yang
dikembangkan berdasarkan langkah-langkah pemecahan masalah Polya yaitu 1)
memahami masalah, 2) merencanakan penyelesaian, 3) menyelesaikan masalah
sesuai rencana dan 4) memeriksa kembali hasil pengerjaan. Pada pembuatan e-modul
interaktif ini menggunakan aplikasi canva dan dipublikasikan melewati heyzine.
Metode yang digunakan adalah metode pengembangan research and Development
(R&D) dengan pendekatan model ADDIE terbagi menjadi lima fase yaitu Analyze,
Design, Development, Implemetation, and Evaluation. Penelitian dilakukan di
SMAN 2 Kuningan. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti berupa
angket dan observasi. Instrumen penelitian ini berupa angket yang digunakan untuk
menguji kevalidan dan kepraktisan e-modul. Uji kevalidan dilakukan oleh 2 ahli
media dan 2 ahli materi. Uji kepraktisan dilakukan oleh 1 guru dan 2 peserta didik
kelas XI MIPA 2. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu
reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan dari verifikasi. Berdasarkan hasil
analisis kevalidan e-modul memperoleh nilai rata-rata dari ahli materi yaitu 94,67%
dan dikategorikan “sangat valid” , sedangkan dari ahli media memperoleh nilai rata�rata 91,54% dan dikategorikan “sangat valid”. Hasil analisis kepraktisan e-modul
dari peserta didik memperoleh nilai rata-rata 86,00% dan dikategorikan “sangat
praktis” , sedangkan dari guru mendapatkan nilai rata-rata 90,00% dan dikategorikan
“sangat praktis”. Hasil pengujian peningkatan kemampuan pemecahan masalah
matematis peserta didik dengan nilai rata-rata pre-test diperoleh 39,7 dan nilai rata�rata post-test 89,7. Berdasarkan hasil analisis data dengan perhitungan rumus N-Gain
hasil peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dengan rata-rata nilai
N-Gain sebesar 0,85 dalam kategori “tinggi”. Kesimpulannya mengenai
pengembangan e-modul interaktif berbasis canva untuk meningkatkan kemampuan
pemecahan masalah matematis pada materi barisan dan deret aritmatika, e-modul
ii
interaktif yang dikembangkan dapat digunakan di lapangan karena memenuhi
kategori kevalidan, kepraktisan dan dapat meningkatkan kemampuan pemecahan
masalah matematis peserta didik dengan kategori tinggi. Saran bagi peneliti yang
lainnya gunakan beberapa gabungan aplikasi yang lebih canggih untuk
pengembangan media dan implementasi media seharusnya dilakukan di seluruh kelas
yang ada di sekolah misalkan media diperuntukkan untuk kelas XI maka
implementasi dilakukan disemua kelas XI yang ada di sekolah.
Kata Kunci : E-Modul, Barisan dan Deret Aritmatika, Kemampuan Pemecahan
Masalah Matematis, Canva
This research is motivated by learning that focuses on the textbooks provided and the
lack of development of e-modules in schools. Low ability to solve mathematical
problems and difficult learning mathematics, especially in mathematical sequences
and series. The use of communication technology such as smartphones in the
educational context, especially in mathematics learning, is not yet optimal. This
research aims to develop teaching materials in the form of interactive e-modules on
sequences and arithmetic series to improve mathematical problem solving abilities as
well as the validity, practicality and effectiveness of e-modules. The interactive e�module develoved based on Polya problem solving is 1) understanding the problem,
2) planning a solution, 3) solving the problem according to plan and 4) checking the
work result again. This interactive e-module was created using the Canva application
and published via Heyzine. The method used is the research and development (R&D)
development method with the ADDIE model approach divided into five phases,
namely Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The
research was conducted at SMAN 2 Kuningan. The data collection technique is in the
form of a questionnaire. Questionnaire are used to test the validity and practicality of
e-modules. The validity test was carried out by 2 media experts and 2 material
experts. The practicality test was carried out by 1 teacher and 2 student of class
based on the result of the e-module validity analysis, the average score from material
experts was 94,67% and categorized as “very valid”, while media experts obtained
an average score of 91,54% and were categorized as “very valid”. The results of the
analysis of the e-module from student obtained an average score of 86,00% and were
categorized as “very practical”, while teachers received an average score of 90,00%
and were categorized as “very practical”. The test result increased students
mathematical problem solving abilities with an average pre-test score of 39,7 and an
average post-test score of 89,7. Based on the result of data analysis using the N-Gain
formula calculation, the result of increasing mathematical problem solving abilities
with an average N-Gain value of 0,85 in the “high” category. In conclusion
regarding the development of a canva-based interactive e-module to improve
mathematical problem solving abilities in arithmetic sequences and series material,
the interactive e-module developed can be used in the field because it meets the
categories of validity, practicality and can improve students mathematical problem
solving abilities in the high category. Suggestions for other researchers are to use
iv
more sophisticated applications for media development and media implementation
should be carried out in all classes in the school, for example the media is intended
for class XI, so implementation is carried out in all class XI in the school.
Keywords: E-Module, Arithmetic Sequences and Series, Mathematical Problem
Solving Ability, Canva