Haetin, Nur
(2020)
PEMEROLEHAN SINTAKSIS PADA SHABIRA ALULA ADNAN DALAM UJARANNYA DI AKUN TIKTOK @SHABIRAALULA&AYAH.
S1 / D3 thesis, Universitas Kuningan.
Abstract
Latar belakang, ada satu fenomena yaitu pada anak Bernama Shabira Alula Adnan (Lala) yang memiliki kemampuan pemerolehan sintaksis melebihi anak-anak seusianya. Dia mampu berkata dengan lengkap dan mengucapkan kalimat yang terstruktur sesuai dengan tata bahasa. Hal inilah yang menjadi latar belakang peneliti untuk mengkaji penelitian ini. Tujuan peneliti yaitu untuk mendeskripsikan pembentukan fungsi kalimat dalam ujaran yang diungkapkan oleh Lala di akun tiktok @shabiraalula&ayah dan mendeskripsikan pdembentukan variasi kalimat dalam ujaran yang diungkapkan oleh Lala. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan data penelitian berupa transkrip video tiktok @shabiraalula&ayah. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan bantuan tabel. Bewrdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, diperoleh beberapa Kesimpulan sebagai beriku : 1) Analisis Analisis sintaksis berdasarkan fungsi kalimat dalam ujaran yang diungkapkan oleh Lala. Pada hasil analisis di atas dapat disimpulkan bahwa Lala sudah mampu membentuk suatu fungsi kalimat dengan baik, walaupun belum begitu lengkap pengujarannya. Ditemukan penggunaan fungsi kalimat berupa subjek, predikat, objek, pelengkap, keterangan waktu, dan keterangan tempat. Dari hasil analisis tersebut penggunaan fungsi kalimat yang paling banyak ditemukan yaitu predikat. 2) Analisis sintaksis berdasarkan variasi kalimat dalam ujaran yang diungkapkan oleh Lala. Pada hasil analisis di atas dapat disimpulkan bahwa Lala sudah mampu membentuk suatu kalimat dengan variasi kalimat yang baik. Ditemukan varisi kalimat berupa kalimat deklaratif, kalimat interogatif, kalimat imperatif, kalimat tunggal, kalimat majemuk. Dari hasil analisis tersebut penggunaan variasi kalimat yang paling banyak ditemukan yaitu kalimat deklaratif.
KATA KUNCI: sintaksis, pemerolehan bahasa, bentuk fungsi kalimat, bentuk variasi kalimat, tiktok, SHABIRAALULA&AYAH
The background is that there is a phenomenon, namely a child named Shabira Alula Adnan (Lala) who has the ability to acquire syntax beyond children her age. He is able to speak completely and pronounce sentences that are structured according to grammar. This is the background for researchers to study this research. The aim of the research is to describe the formation of sentence functions in the utterances expressed by Lala on the tiktok account @shabiraalula&ayah and describe the formation of sentences in the utterances expressed by Lala. This research uses a qualitative descriptive method with research data in the form of transcripts of the TikTok video @shabiraalula&ayah. The data analysis technique used is by using qualitative descriptive analysis with the help of tables. Based on the results of the analysis that has been carried out, several conclusions are obtained as follows: 1) Syntactic analysis based on the function of sentences in the speech expressed by Lala. From the results of the analysis above, it can be concluded that Lala is able to form a sentence function well, even though her utterance is not yet complete. It was found that the use of sentence functions in the form of subject, predicate, object, complement, time information and place information. From the results of this analysis, the most frequently found use of sentence functions is predicates. 2) Syntactic analysis based on sentence variations in the speech expressed by Lala. From the results of the analysis above, it can be concluded that Lala is able to form sentences with good sentence variations. Sentence variations were found in the form of declarative sentences, interrogative sentences, imperative sentences, single sentences, compound sentences. From the results of this analysis, the most common variations of sentences found were declarative sentences.
KEYWORDS: syntax, language acquisition, sentence function forms, sentence variation forms, tiktok, SHABIRAALULA&AYAH
Actions (login required)
- View Item